Home » » Ekonografik : Indonesia Masih Favorit Investor Asing

Ekonografik : Indonesia Masih Favorit Investor Asing

Written By JUFRI on Thursday 6 August 2015 | 21:55

Katadata

KATADATA – Dari hasil kunjungan pemasaran dan promosi peluang investasi di Indonesia oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), diketahui bahwa paling tidak lima negara di Asia Pasifik menempatkan Indonesia sebagai negara favorit untuk berinvestasi.

Negara-negara responden tersebut adalah Cina, Singapura, Jepang, Taiwan dan Korea Selatan. Investor melihat bahwa kondisi ekonomi, perbaikan iklim investasi serta banyaknya penduduk berusia produktif di Indonesia menjadi salah satu potensi yang penting untuk disorot.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan minat investasi investor asing datang ke Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Ini terlihat dari nilai izin prinsip yang dikeluarkan Januari-Juni 2015 naik 39,6 persen mencapai Rp721,9 triliun dibanding tahun sebelumnya.

“Penanaman Modal Asing tumbuh luar biasa pada semester I, realisasi investasi baru juga tumbuh 82,5 persen”, ujar Franky Sibarani.

Dalam hal ini, BKPM membidik lima negara tersebut karena selama ini telah menempatkan proporsi cukup tinggi dalam merealisasikan komitmen investasi. Investor dari Singapura misalnya, periode 2010-2014 telah merealisasikan investasinya sebesar US$ 26,05 miliar. Negara ini menduduki peringkat teratas dalam kurun waktu tersebut. Urutan kedua adalah Jepang yang telah merealisasikan US$ 12,1 miliar, Amerika US$ 7,39 miliar, Korea Selatan US$ 6,83 miliar dan Malaysia US$ 4,1 miliar.

Katadata

Sumber : Ekonografik : Indonesia Masih Favorit Investor Asing

Berita lainnya dari KATADATA.CO.ID :

Harga BBM Tak Naik, Pemerintah Siapkan Dana Stabilisasi BBM

Riak Masalah dari Pabrik yang Menjalar ke Brankas Bank

Menteri ESDM: Tak Ada Intervensi Asing dalam Revisi UU Migas

Katadata on Facebook | Twitter | Google +



via Katadata.co.id
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Yuk Bisnis Property - All Rights Reserved