Home » » Rizal Ramli “Merapat” ke Luhut Panjaitan

Rizal Ramli “Merapat” ke Luhut Panjaitan

Written By JUFRI on Sunday 5 July 2015 | 21:40

Katadata

KATADATA – Rizal Ramli ditengarai intensif menjalin komunikasi dengan Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan. Pertemuan keduanya tentu menarik perhatian, sehubungan dengan masuknya nama ekonom senior itu dalam daftar kandidat tim ekonomi kabinet , yang santer diberitakan bakal segera dirombak Presiden Joko Widodo.

Belum lama ini, Rizal bertandang ke Kantor Kepresidenan menemui Luhut. Komisaris Utama Bank Negara Indonesia (BNI) ini tak datang sendiri. Ia bersama dengan dua ekonom senior Universitas Indonesia, yakni Prof. Ari Kuncoro yang kini menjabat Dekan Fakultas Ekonomi UI, dan Rino Agung Effendi, mantan Kepala Ekonom Danareksa. “Bisa jadi, ini lobi Rizal Ramli ke Luhut menjelang perombakan kabinet,” ujar sumber Katadata.

(Baca: Sri Mulyani-Rizal Ramli Masuk Bursa Menteri Ekonomi)

Salah satu fungsi dan tugas Kepala Staf Kantor Kepresidenan yang dipimpin Luhut, memang memberikan masukan terkait berbagai persoalan ekonomi kepada Presiden. Seorang sumber lainnya di lingkungan Istana mengaku tak tahu ihwal benar-tidaknya Rizal sedang “merapat” ke Luhut terkait perombakan kabinet.

Meski begitu, kata dia, “Pak Rizal memang sering diskusi di Bina Graha.” Hubungan keduanya pun sudah terjalin cukup lama. “Pak Rizal teman dekat pak Luhut juga.” (Baca: Buntut Insiden Priok, Posisi Jonan dan Indroyono Terancam)

Ari Kuncoro mengakui telah menemani Rizal Ramli bertemu Luhut Panjaitan. Namun, dia membantah jika pertemuan tersebut untuk membicarakan rencana pergantian sejumlah menteri di bidang perekonomian. Termasuk, menggadang-gadang nama Rizal sebagai kandidat menteri ekonomi. 

“Saya ke sana dalam rangka penelitian. Mengumpulkan bahan-bahan,” katanya, saat dihubungi Katadata, Jumat (3/7). Namun, Ari tak mengungkapkan topik penelitian yang sedang dia garap. Ia juga tak bisa menjelaskan secara terang peran Rizal dalam penelitian tersebut. “Pak Rizal kan pernah di Econit,” katanya menjelaskan lembaga penelitian tempat Rizal lama bernaung. (Baca: Sri Mulyani Menkeu, Bambang Brodjo ke Bappenas)

Di tengah santernya kabar tentang rencana perombakan kabinet, Rizal dan Sri Mulyani disebut-sebut masuk dalam daftar kandidat Menteri Koordinator Perekonomian yang sedang dipertimbangkan Presiden Joko Widodo. Jika Sri menjadi Menteri Keuangan, peluang Rizal untuk menjadi Menko bahkan kian besar. Hingga berita ini ditulis, Rizal belum menjawab panggilan telepon maupun pesan pendek (SMS) dari Katadata.

Sejumlah pihak meragukan jika Rizal dan Sri Mulyani berduet. Sebab, pandangan kedua ekonom senior ini kerap berseberangan. Rizal pernah menjabat Menteri Keuangan dan Menko Perekonomian di era Presiden Abdurrahman Wahid.(Baca: JK Sudah Bertemu Sri Mulyani)

Begitu pula dengan Sri Mulyani, yang kini menjabat Managing Director Bank Dunia. Ia pernah menjabat Menteri Keuangan, Kepala Bappenas, dan Menko Perekonomian di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Sumber : Rizal Ramli “Merapat” ke Luhut Panjaitan

Berita lainnya dari KATADATA.CO.ID :

Ajukan Perpanjangan Izin, Freeport Minta Jatah Ekspornya Ditambah

Sri Mulyani Menkeu, Bambang Brodjo ke Bappenas

Jokowi Beri Sinyal Setuju Kontrak Freeport Diperpanjang

Katadata on Facebook | Twitter | Google +



via Katadata.co.id
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Yuk Bisnis Property - All Rights Reserved