Home » » Asing Jual Saham dan SUN, Defisit Neraca Pembayaran Terendah Sejak Awal 2013

Asing Jual Saham dan SUN, Defisit Neraca Pembayaran Terendah Sejak Awal 2013

Written By JUFRI on Sunday 15 November 2015 | 21:11

Bank Indonesia

KATADATA - Defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) terus mengecil hingga kuartal ketiga tahun ini. Namun, neraca pembayaran mencatatkan defisit yang semakin membengkak hingga 56 persen dibandingkan kuartal sebelumnya. Penyebabnya, investasi portofolio tergerus dalam seiring penjualan portofolio saham dan surat utang oleh investor asing.

Pada Jumat pekan lalu (13/11), Bank Indonesia (BI) mengumumkan sebuah kabar menggembirakan. Defisit transaksi berjalan dalam Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) kuartal III-2015 tercatat sebesar US$ 4, 01 miliar atau setara dengan 1, 86 persen dari produk domestik bruto (PDB). Pencapaian ini lebih baik dari defisit CAD pada periode sama tahun lalu yang sebesar US$ 7, 04 miliar atau 3, 02 persen dari PDB. Begitu pula lebih baik dibandingkan defisit pada kuartal II-2015 yang sebesar US$ 4, 25 miliar atau setara 1, 95 persen PDB.

Deputi Direktur Departemen Komunikasi BI Junanto Herdiawan mengatakan, membaiknya kinerja transaksi berjalan ditopang oleh neraca perdagangan nonmigas. Pasalnya, laju penurunan impor lebih cepat ...

Selengkapnya : Asing Jual Saham dan SUN, Defisit Neraca Pembayaran Terendah Sejak Awal 2013



via Katadata.co.id
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Yuk Bisnis Property - All Rights Reserved